Untuk Struktur yang di bahas pada bab ini yaitu tentang pertanyaan yang berhubungan dengan العدد atau bilangan, Kata tanya yang digunakan adalah:
1. كَمْ yang artinya berapa ditambah dengan kata عَدَدُ yang artinya Jumlah. Jadi
كَمْ عَدَدُ = Berapa Jumlah..........................
Contoh :
- كَمْ عَدَدُ التَّلاَمِيْذ فِي الْفَصْلِ ؟ ?Berapa Jumlah Siswa di kelas
- كَمْ عَدَدُ الْكُرْسِيُّ فِي فَصْلِكَ ؟ ?Berapa jumlah kursi di kelasmu
- كَمْ عَدَدُ أَقْلاَمِيْكَ ؟ ? Berapa Jumlah pulpenmu
Bisa saja kata عدد nya dibuang, tapi kata yang sesudahnya dalam bentuk mufrod dan dinashabkan. Contoh :
- كَمْ تِلْمِيْذًا فِي فَصْلِكَ ؟ ?Berapa Siswa di kelasmu
- كَمْ كُرْسِيًّا فِى فَصْلِكَ ؟ ?Berapa kursi di kelasmu
- كَمْ قَلَمَكَ ؟ ?Berapa pulpenmu
2. ما yang artinya apa
akan tetapi kata tanya ما apabila disambungkan dengan kalimat seperti di atas maka artinya menjadi "di mana"atau "Berapa". Kita lihat contoh di atas :
- مَا عُنْوَانُكَ ؟ ?Di mana alamatmu
- مَا رَقْمُ بَيْتِكَ ؟ ? Berapa nomor rumahmu
- مَا رَقْمُ مَدْرَسَتِك ؟ ?Berapa nomor sekolahmu
Bagaimana menjawab pertanyaan seperti di atas?
A. Untuk menjawab pertanyaan dengan menggunakan كَمْ disamping dibutuhkan pemahaman tentang angka/ bilangan dalam bahasa Arab juga perlu memahami suatu hukum yang disebut Hukum Adad Ma'dud.
1. Angka Bilangan Arab (العدد) minimal dari angka 1 - 100
Berikut nama-nama bilangan dalam bahasa Arab :
* Penjelasan
- Untuk bilangan satuan sudah jelas
- Untuk bilangan belasan tinggal menambahkan عشر dibelakang tanpa tambahan وَ
Contoh :
- ١٧ = سَبْعَة عَشَرَ
Kalau bilangan satuannya muannats maka kata عشر mudzakar, tapi bila bilangan satuannya mudzakar (lk) maka kata عشر harus muannats jadi سبع عشرة
- Untuk membentuk bilangan puluhan dari 20 - 90 diambil dari bilangan satuan ditambah و dan ن di belakang. Contoh : Angka 30
٣٠ = ثَلاَثٌ + وْنَ ==> ثَلاَثُوْنَ
٤٠ = اَرْبَعٌ + وْنَ ==> أَرْبَعُوْنَ
dan seterusnya.
- Untuk bilangan terusan dari bilangan satuan ditambahkan و sesudah bilangan satuan atau sebelum bilangan puluhannya. Contoh :
* 25 = 5 + 20 jadi خمسة و عشرون
*42 = 2 + 40 jadi ÷ اثنة وَعِشرُوْنَ
* 99 = 9 + 90 jadi تسعة وَ تِسْعُوْن
- Untuk bilangan ratusan ===== مائة = 100, مائتان = 200
Untuk membentuk bilangan ratusan dari 300 - 900 dengan cara menyambung bilangan satuan dengan huruf م dari kata مائة. Contoh :
* 300 ===> ثَلاَثُمائة
* 432 = 400 + 2 + 30 jadi أَرْبَعُمِائَة وَ إِثْنَة و
2. Hukum Adad Ma'dud
Hukum adad ma'dud bisa juga disebut hukum bilangan dan pembilang. Seperti bila kita menyebutkan kalimat lima orang siswa. Lima itu Adad (Bilangan) Siswa itu Ma'dud (Pembilang).
Dalam bahasa Arab hukum yang berlaku adalah sebagai berikut :
a. Untuk bilangan 1 dan 2 antara Adad dan ma'dud harus sama gendernya (Mudzakar/Muannats). dengan penyebutan pembilangan lebih dulu.
Contoh :
* كِتَابٌ وَاحِدٌ = satu buah buku
* تِلْمِيْذَةٌ وَاحِدَةٌ = Seorang Siswi
* كِتَابَانِ اثْنَان = Dua buah buku
* تِلْمِيْذَتَانِ اِثْنَتَان = Dua orang Siswi
b. Untuk bilangan 3 - 10 berlaku hukum sebagai berikut :
1) Apabila Ma'dud mudzakar makaAdad harus mu'annats, sebaliknya jika Ma'dud muannats, maka Adad harus mudzakar.
2) Ma'dud harus bentuk Jamak dan Majrur
Contoh : Untuk menjawab pertanyaan seperti di atas :
* كَمْ تِلْمِيْذًا فِي فَصْلِكَ ؟
Apabila jawabannya misalkan 7 orang siswa dan 5 orang siswi, maka kamu harus menjawab
سَبْعَة تَلاَمِيْذٍ وَ خَمْسُ تِلْمِيْذَاتٍ
Lihat kata سبعة muannats karena ma'dudnya (siswa) mudzakar dan dan ma'dud (تلاميذ) bentuk jamak demikian pula خمس mudzakar karena ma'dudnya (siswi) muannats, dan ma'dud (تلميذات) bentuk jamak
c. Bilangan 11 dsn seterusnya berlaku hukum sebagai berikut :
1) Apabila Ma'dud mudzakar makaAdad harus mu'annats, sebaliknya jika Ma'dud muannats, maka Adad harus mudzakar.
2) Ma'dud berbentuk mufrod dan dinashobkan.
Contoh :
* كَمْ تِلْمِيْذًا فِي فَصْلِكَ ؟ (12siswa 25 siswi)
=> فِي فَصْلِي إِثْنَةَ عَشَرَ تِلْمِيْذًا وَخَمسَ وَعِشْرُوْنَ تِلْمِيْذَةً
Perhatikan contoh di atas, angka 12 harus berbentuk muannats karena ma'dudnya muannats (Ingat yang muannats/mudzakar itu bilangan satuannya saja sedangkan bilangan puluhan tetap) dan ma'dudnya berbentuk mufrod dan beri'rob nashab. Demikian pula angka 25, angka satuannya yaitu 5 harus mudzakar karena ma'dudnya muannats, serta ma'dud harus mufrod dan Nashab.
B. Untuk menjawab pertanyaan menggunakan kata tanya "ما" adalah sebagai berikut :
١. مَا عُنْوَانُكَ ؟
Kalian bisa jawab :
عُنْوَانِي فِي شَارِع ............ رَقْمُ .... مَدِيْنَة .........
Contoh :
عُنْوَانِي فِي شَارِع كَالِيْمَايَا رَقْمُ ٣٣ بَنْدُونْج جَوَا الْغَرْبِيَّة
٢ . مَا رَقْمُ بَيْتِكَ ؟ رَقْمهُ ...............
٣. مَا رَقْمُ مَدْرَسَتِكَ ؟ رَقْمُهَـا ..............
Demikian penjelasan tentang kata tanya كَمْ dan ما. Setelah ini kerjakan latihannya ya!😁😁😁😁
Latihan
التدْريْب ١ : أُكْتُبْ كَمَا فِي الْمِثَال !
التَّدْرِيْبُ ٢ : أَجِبْ الأَسْئلَة كَمَا فِي الْمِثَال !
مِثَال : تِلْمِيْذٌ \ ٢٤ (تِلْمِيْذ جـ تَلاَمِيْذُ)
==> كَمْ عَدَد التَّلاَمِيْذِ فِي فَصْلِكَ ؟ أَرْبَعَةَ وَعِشْرُوْنَ تِلْمِيْذًا
١. مُدَرِّسَة \ ١٥ ( مُدَرِّسَة جـ مُدَرِّسَات)
٢. قَلَمٌ \ ٣ (قَلَمٌ جـ أَقْلاَمٌ )
٣. نَافِذَة \ ٨ (نَافِذَة جـ نَوَافِذ)
٤. تِلْمِيْذَة \ ١٧(تِلْمِيْذَة جـ تِلْمِيْذَات )
٥. سَبُوْرَة \ ٢ (سَبُوْرَة جـ سَبُوْرَات)
========= Selamat Belajar dan tetap sehat selalu ==================
0 Komentar